Diberdayakan oleh Blogger.

Waktu Indonesia Bagian Barat

RSS
Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format

Membuat Minuman Pencegah Diare Yuk ~


Dehidrasi adalah ancaman kematian yang menyebabkan lebih dari satu juta anak di dunia meninggal dunia tiap tahunnya. Penyebab paling umum adalah diare yang kabarnya menyebabkan lebih dari 1,5 juta anak kecil di negara berkembang meninggal dunia setiap tahunnya. Lebih dari ¾ tubuh kita adalah cairan. Kehilangan 10% saja akan menyebabkan organ-organ vital tidak berfungsi, yang diikuti dengan kematian. Jika kejadiannya parah, seperti pada kolera, kematian dapat terjadi hanya dalam waktu 8 jam.Untuk mencegah dehidrasi cukup sederhana, berikan saja oralit. Kematian dapat dihindari dengan pengetahuan sederhana ini.Bagaimana cara membuat oralit? (bayangkan Anda di dusun kecil yang sulit menemukan oralit sachet seperti halnya di kota )James Grant, yang pernah menjabat sebagai direktur UNICEF selama beberapa tahun, selalu membawa bungkusan paket dalam kantongnya : satu sendok teh garam dan delapan sendok teh gula - bahan membuat oralit bila dicampurkan dengan satu liter air. Ketika ia bertemu dengan para perdana menteri negara-negara berkembang, ia akan mengeluarkan paket garam dan gula tersebut, lalu berkata, " Apakah Anda mengetahui bahwa paket ini harganya kurang dari satu cangkir teh dan dapat menyelamatkan ratusan ribu nyawa anak-anak di negara Anda?".Resep Oralit adalah :ORALIT = 1 sendok TEH GARAM + 8 sendok TEH GULA + 1 liter AIR.Lalu berapa banyak 1 LITER AIR itu?1 LITER AIR = 5 GELAS NORMAL

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Promosi Sekolah












~ GAMBAR RUANGAN KELAS X ~

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PMR tingkat atas ~

Pertolongan pertama (PP) di PMI merupakan keterampilan wajib yang harus dimiliki oleh setiap Relawan dan PMI telah mengeluarkan Pedoman Pertongan Pertama sejak tahun 1999. Pada tahun-tahun sebelumnya dikenal dengan istilah Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Pada dekade ini PMI Sumatera Selatan masih menggunakan pola P3K yang tidak relevan lagi pada saat ini. Oleh sebab itu perlu penyamaan materi tentang PP khususnya di wilayah Sumatera Selatan sehingga keterampilan PP bagi Relawan menjadi standar sesuai Pedoman PP oleh PMI Pusat.

Pertolongan Pertama (PP) adalah pemberian tindakan pertolongan segera pada penderita trauma atau medis dengan pertolongan medis dasar. Adapun tujuan pertolongan pertama adalah menyelamatkan jiwa, mencegah cacat, memberikan rasa nyaman dan menunjang penyembuhan. Adapun langkah-langkah pemberian PP adalah sebagai berikut :

I. Penilaian Keadaan

Penilaian keadaan dilakuan sebelum tiba dilokasi dan ketika dilokasi.

1. Apa yang terjadi

2. Saksi

3. Mekanisme kejadian

4. Amankan keadaan

5. APD

II. Penilaian Dini

Yang dilakukan penilaian dini adalah :

1. Pemeriksaan Respon

Respon yang dinilai adalah A,S,N,T

2. Cek pernapasan

Sebelum cek pernapasan lakukan buka jalan napas dengan teknik A,D,T,D baru lakuan cek napas selama 5 - 10 detik

3. Cek sirkulasi

Lihat sirkulasi dengan rangsangan

4. Cek nadi

Nadi dicek dalam waktu 10 detik

5. Minta bantuan

Mintalah bantuan kepada masyarakat sekitar untuk membantu pertolongan

Cek napas dan cek nadi pada saat pemeriksaan dini hanyalah memastikan apakah napas atau nadi ada atau tidak.

III. Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik pada prinsipnya adalah memeriksa dari ujung kepala sampai ujung kaki. Adapun yang dicari adalah P,L,N,B dengan teknik diindra secara berurutan. Pada alat gerak dilakukan G,S,S

IV. Pemeriksaan Tanda Vital

Adapun tanda vital yang diperiksa adalah sebagai berikut :

1. Jumlah nadi dan kualitas

2. Jumlah nafas dan kualitas

3. Suhu tubuh

4. Kondisi kulit

V. Riwayat Penderita

Pada tahap ini yang dicari K,O,M,P,A,K dengan bertanya pada korban dan saksi

VI. Pemeriksaan Berkala

Pemeriksaan berkala dilaksanakan pada saat korban diatas tandu, di ambulan ataupun pada waktu tempo ketika melihat perubahan pada korban, adapun yang diperiksa adalah :

1. Respon

2. Frekuensi Nadi

3. Frekuensi Nafas

4. Kondisi Kulit

5. Suhu

6. Penatalaksanaan Luka

7. Penatalaksanaan Patah

8. Dukungan Emosi

9. Keamanan Barang Korban

VII. Pelaporan

Pelaporan dilakukan pada saat tiba di RS atau tempat pertolongan lanjut. Adapun yang laporkan adalah identitas korban, KOMPAK, hasil pemeriksaan fisik, penatalaksanaan, tanda vital, pemeriksaan berkala, dan tim penolong.

Pada Refreshing ini hanya membahas pengantar pertolongan pertama, anatomi faal, dan langkah-langkah pertolongan pertama, sedangkan teknik penanganan perdarahan dan syok, trauma, kedaruratan medic dan pemindahan penderita belum dilaksanakan kerana keterbatasan waktu. Oleh karena itu disusulkan untuk melakukan penyegaran materi setiap bulan secara rutin. Dengan melibatkan PMI Daerah sebagai pemantau dan fasilitator serta PMI Cabang sebagai pemobilisasi Relawan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

AYO BELAJAR ~!~

Belajar Efektif Menjelang Tes
Walaupun di benci, ujian akhir dan tes sangat berpengaruh pada hasil nilai rapor nanti. Pertanyaannya, adalah bagaimana caranya agar ujian nanti tidak gagal. Tips di bawah ini akan membantu kamu-kamu dalam menghadapi test atau ujian akhir. Yang penting, bukan working harder, tapi studying smarter.

Persingkat Catatan Pelajaran
Agar ujian bisa sukses, kunci pertama adalah cara kita mencatat pelajaran dari guru. Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang dan bertele-tele. Sebaliknya, kita harus belajar hanya mencatat pokok-pokok kunci dari materi yang diberikan guru. Karena mencatat dan menulis tidak mungkin dilakukan pada saat yang sama, pada saat guru berhenti sebentar ketika mengajar, langsung buat pokok-pokok materi di buku atau kertas. Malamnya, sediakan waktu 5 menit setiap hari untuk membaca ulang catatan pokok-pokok pelajaran. Dijamin, kamu tidak akan terkantuk-kantuk membacanya. Mengerti Seluruh Materi Ujian Sehari sebelum ujian dimulai, langsung tanya guru materi apa saja yang kamu masih tidak begitu paham. Mungkin proses kimia, pembuatan matriks atau beda novel dan cerber. Apapun. Tanyakan segera. Dengan cara ini, kamu secara psikologis sudah siap mental karena meskipun belum terhapalkan, secara konsep , tidak ada materi yang belum dipahami.

Pilih Waktu Belajar Yang Tepat.
Seringkali kita memutuskan untuk tidur dulu 1-2 jam sebelum bangun dan belajar, Salah Besar. Kenapa? Karena apabila kita belajar pada saat badan masih segar, paling bagus sebelum makan malam dan beberapa jam sesudahnya, proses belajar akan lebih cepat. Sehingga kita tidak perlu belajar sampai larut malam. Hasilnya, karena tidur cukup, pada saat kita mengerjakan tes keesokannya, badan jauh lebih segar dan ingatan lebih lancar. Dijamin.

Bentuk Kelompok Belajar
Walau kedengarannya kuno, metode kelompok belajar tetap efektif. Caranya , adalah kumpulkan 4-5 orang teman dalam satu kelompok belajar. Kemudian, bagi rata materi yang akan ditanyakan dalam tes kepada setiap anggota. Kemudian, setiap anggota diharuskan mempelajari materi yang telah dipilih hingga paham dan mengajarkan ulang ke anggota kelompok belajar lainnya. Setiap anggota harus benar-benar mengerti topik yang diajarkan salah seorang temannya sebelum pindah giliran. Dengan cara ini, dijamin kamu tidak akan mengantuk. Karena suasana belajar, yang memang sedikit membosankan, akan jauh lebih fun.

Pilih Tempat Belajar Yang Tenang
Kunci lainnya dalam belajar adalah jangan pilih tempat belajar yang berisik dan banyak gangguan. Satu lagi, matikan televisi dan radio sewaktu belajar.

Pelajari Materi Yang Masih Belum Dipahami
Jangan buang-buang waktu mempelajar item yang sudah kamu kuasai. Ganti dengan memilih materi yang masih belum dimengerti dan pelajari terus sampai akhirnya kamu bisa membuat konsep dengan bahasa kamu sendiri.

Buat Rencana Belajar
Mulai belajar dengan membuat daftar target yang ingin kamu capai. Misal, 1. Baca ulang kesimpulan bab. 2. Menghapal Vocabulary. 3. Pilih satu konsep materi, seperti proses pencernaan hewan berkaki empat, dan buat target untuk bisa menjelaskan ulang konsep itu dengan lengkap. Setelah daftar target lengkap, mulai belajar sesuai urutan daftar. Hanya berpidah ke target nomor dua apabila target nomor satu telah tercapai.

Jangan Lupa Istirahat
Belajar tanpa jeda juga dilarang lho. Setiap 30-45 menit, berdiri,berjalan keliling ruangan atau kalau mau dance juga dibolehkan. Kalau mau nyemil, juga boleh asal jangan terlalu banyak. Setelah itu, kembali lagi ke buku. Terakhir, jangan stress. Just do your best. Kalau kamu sudah melakukan tip-tip diatas, sebenarnya kamu sudah memperbesar peluang untuk bisa mencapai skor yang bagus. Good Luck.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

BAHASA PERANCIS ~good luck~

Ringkasan Materi/Tema : Perkenalan
Bacaan : Dans le jardin d’une université
Latihan dan Pembahasan
1. + Et vous, monsieur, vous êtes?
- …(1) Koffi Tetégan, Togolais De Lomé, je voudrais étudier le droit international
à l’université.
+ Vous parlez bien français Monsieur Tétégan!
- Assez bien! Et vous?
+ Moi? Un peu
a. Je m’appelle
b. J’appelle
c. On appelle
d. S’appelle
e. Je l’appelle
Kunci: A
Pembahasan: Konyugasi kata kerja s’appeler untuk orang pertama tunggal adalah
Je m’appelle.
2. Qu’est-ce qu’il fait Koffi Tetégan?
a. visiteur
b. étudiant
c. travailleur
d. professeur
e. juge
Kunci: B
Pembahasan: Kalimat pertanyaan di atas menanyakan Koffi Tetegan melakukan
pekerjaan apa. Jawabnya adalah Koffi Tetégan fait étudiant (dia
seorang mahasiswa).
3. Ce dialogue se passé entre ….
a. deux étudiants
b. deux employés
c. deux directeur
d. eux professeurs
e. deux doyens.
Kunci: A
Pembahasan: Arti soal ini adalah percakapan (dialog) ini dilakukan oleh dua orang
mahasiswa (deux étudiants).
Ringkasan Materi/Tema : Kehidupan Keluarga
Bacaan : Budi habite chez les Dubois.
Latihan dan Pembahasan
4. Qui est le personage principal dans ce texte?
a. Mme. Dubois
b. Pofesseur
c. M. Dubois
d. Budi
e. Monique
Kunci: D
Pembahasan: Soal ini menanyakan peran utama dalam teks itu.
Jawaban lengkapnya adalah le personage principal dans ce texte est
Budi.
5. Budi vit avec ….des Dubois
a. le fils
b. les enfants
c. la fille
d. la famille
e. le père
Kunci: D
Pembahasan: Kata kerja vit berasal dari kata kerja vivre yang berarti hidup,
ditambah kata depan avec menjadi vivre avec bermakna “tinggal
bersama”. Jadi arti soal di atas adalah Budi tinggal bersama keluarga
Dubois (la famillie Dubois).
Ringkasan Materi/Tema : Gambaran Mengenai Tempat Tinggal
Bacaan : La maison de Cheynel
Latihan dan Pembahasan
6. Combien de pieces, est-ce qu’il y a au rez-de-chaussée?
Il y en a ….
a. une
b. deux
c. trios
d. quatre
e. cinq
Kunci: E
Pembahasan: Arti ungkapan combien de + kata benda adalah berapa. Soal di atas
menanyakan berapa ruangan yang ada di lantai dasar. Maka jawaban
yang benar adalah di lantai dasar terdapat 5 ruangan (cinq pieces).
7. Au premier étage on peut trouver …
a. la chambre, la salle à manger et un fauteuil
b. une table, un dressoir et une cuisine
c. les salles de bains , le salon et les chambres
d. la salle de bain, les lits et le piano
e. des chaises, un salon etun armoir
Kunci: C
Pembahasan: Arti kata Étage adalah lantai atau tingkat. Au premier étage berarti di
lantai pertama terdapat ruang keluarga, dua kamar tidur dan dua
kamar mandi.
8. Comment est la maison de Cheynel?
Elle est ….
a. une maison ancienne
b. une maison convenable
c. une maison antique
d. une petite maison
e. une grande maison
Kunci: E
Pembahasan: Makna kata comment cukup luas. Soal no 8 menanyakan kondisi
atau keadaan rumah Cheynel. Jadi artinya adalah bagaimana rumah
Cheynel. Dari bacaan tergambar rumah Cheynel mempunyai 2 lantai
dan masing-masing lantai memiliki beberapa ruangan. Jadi
kesimpulannya adalah rumah Cheynel besar (elle est une grande
maison).
Ringkasan Materi/Tema : Kehidupan sekolah.
Bacaan : La vie scolaire.
Latihan dan Pembahasan
9. Le titre du texte ci dessus est….
a. notre classe
b. le lycée
c. le professeur
d. une femme française
e. l’activité du professeur
Kunci: A
Pembahasan: Soal ini menanyakan judul teks di atas adalah ….
Jawabannya adalah kelas kami (notre classe) karena dalam teks
menggambarkan keadaan kelas.
10. Quel âge a le professeur?
Elle a …ans
a. vingt-trois
b. vingt-cinq
c. trente-quatre
d. trente-cinq
e. un lycée
Kunci: C
Pembahasan: Soal tersebut menanyakan usia (âge), quel âge a le professeur berarti
berapa usia guru itu? Jawabannya adalah elle a 34 ans. (Dia berusia
34 tahun). Walaupun le professeur adalah kata benda maskulin,
tetapi karena gurunya seorang wanita maka kata ganti orang pertama
menjadi elle.
11. Qu’est-ce qu’on parle du texte ci dessus?
On parle de….
a. une jeune file
b. une française
c. une vieille dame
d. une classe
e. un lycée
Kunci: D
Pembahasan: Parler de quelqu’un/quelque chose merupakan ungkapan yang
berarti berbicara tentang seseorang atau sesuatu. Jadi soal ini
menanyakan, apa yang kita bicarakan tentang teks di atas?
Jawabannya kita membicarakan tentang kelas.
Ringkasan Materi/Tema : Di Tempat Pelayanan Umum
Bacaan : A l’aéroport
Latihan dan Pembahasan
A L’aéroport
Richard cherche son ami anglais, George. Il vient passer un mois pour ses vacances.
Richard : Pardon Mademoiselle, le vol 856 est à l’heure?
L’hôtesse : Tous les vols de Londres sont été retardés d’une heure et demie.
Richard : Une heure est demie de retarde?
L’hôtesse : He … oui, à cause de brouillard.
12. Quel vol est-ce que George prend?
a. huit cent soixante cinq
b. huit cent quatre vingt
c. huit cent quarante cinq
d. huit cent cinquante six
e. huit cent soixante six
Kunci: D
Pembahasan: Arti kata vol (n.mas) adalah nomor penerbangan. Soal tersebut
menanyakan nomor penerbangan berapa yang diambil George? Le
vol 856. Dalam bahasa Prancis 8 = huit, 100 = cent, 50 = cinquante,
6 = six. Digabung menjadi huit cent cinquante six.
13. Pourquoi le vol 856 a une heure et demie de retarde?
a. à cause des embouteillage
b. à cause de la pluie
c. à cause de temperature
d. à cause de la neige
e. à cause de brouillard
Kunci: E
Pembahasan: Soal ini menanyakan nomor penerbangan 856 yang terlambat
sampai 11/2 jam. Jawabannya adalah disebabkan adanya kabut.
Ungkapan à cause de + kt benda menyatakan sesuatu yang
disebabkan oleh … atau dikarenakan oleh …..
14. Est-ce que George est français?
a. Oui, il est français
b. Si, il est français
c. Non, il est canadien
d. Mais non, il est américain
e. Non, il est anglais
Kunci: E
Pembahasan: Soal di atas menanyakan apakah George orang Prancis. Menurut teks
George adalah orang Inggris. Maka jawabannya adalah George
bukan orang Prancis, dia orang Inggris. (Non, il est anglais)
Ringkasan Materi/Tema : Perjalanan/Tourisme
Bacaan : Les vacances de Isabelle Sautelet.
Latihan dan Pembahasan
15. Qu’est-ce qu’Isabelle et Antoine ont vu comme monuments?
a. Notre-Dame, le Louvre, le Sacré Coeur, et Montmarte
b. Le Louvre, les Champs-Elysées, la Tour Eiffel et Notre-Dame
c. L’Obélisque, le Louvre, la Tour Eiffel et l’arc de Triomphe
d. Le Musée D’orsay, la Pyramide de louver, la Tour Eiffel et le Sacré Coeur
e. Le Louvre, la Tour Eiffel, Notre-Dame et l’Obélisque
Kunci: E
Pembahasan: Soal ini menanyakan monumen apa sajakah yang telah dilihat/
dikunjungi Isabelle dan Antoine. Menurut teks tempat-tempat
tersebut adalah la Tour Eiffel, l’Obélisque, le Louvre dan Notre
Dame.
16. Antoine et Isabelle, … ont fait une promenade en bateau-mouche sur la Seine
a. ils
b. nous
c. vous
d. il
e. elle
Kunci: A
Pembahasan: Soal ini tentang kata ganti orang (pronom personnel sujet) karena
Antoine dan Isabelle adalah kata ganti orang ketiga jamak,
jawabannya adalah Ils.
17. Isabelle a passé de…vacances chez son oncle à Paris. Son cousin, Antoine, l’a
emmenée visiter la capitale.
a. térribles
b. bonnes
c. bons
d. mauvais
e. fatigues
Kunci: B
Pembahasan: Vacances adalah kata benda feminine jamak, oleh karena itu
vacances diikuti oleh adjectif fiminine jamak “bonnes”.
22. Qu’est-ce que M. Durant fait? *DOKTER*
Il est…..
a. dentiste
b. mèdecin
c. journaliste
d. musicien
e. mecanicien
Kunci: B
Pembahasan: Gambar tentang profesi seseorang, jawaban yang tepat dia adalah
seorang dokter (il est médecin). Dentiste adalah seorang dokter gigi,
Journaliste adalah seorang wartawan, musicien, seorang pemusik,
mecanicien adalah seorang mekanik
33. Sylvie : Nadine, tu ne joues pas au piano?
Nadine : Mais si, mais alors, tu chantes en français!
Marina : …, nous chantons ensemble.
a. Non
b. Mais si
c. D’accord
d. Pas maintenant
e. Desolés
Kunci: C
Pembahasan: Berdasarkan percakapan di atas, jawaban yang tepat adalah
d’accord. D’accord adalah salah satu ungkapan komunikatif yang
menyatakan setuju.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PERKIRAAN SOAL-SOAL ILMU RESEP ^_^

1. Di bawah ini yang bukan pelarut, adalah .....
a. Air
b. Menthol
c. Parafin liq.
d. Gliserol
e. Minyak
2. Berkurangnya kelarutan zat utama karena adanya zat terlarut tertentu disebut .....
a. Salting in
b. Salting out
c. Salting on
d. Cosolvensi
e. Kompleksasi
3. Di bawah ini zat-zat yang tidak boleh dipanaskan, kecuali .....
a. Etanol
b. Aqua calcis
c. Saturatio
d. Minyak atsiri
e. Nipasol
4. Luminal tidak larut dalam air, tetapi larut dalam solutio petit, disebut .....
a. Kompleksasi
b. Saliting on
c. Salting in
d. Salting out
e. Cosolvensi
5. Di bawah ini ketentuan umum cara melarutkan zat, kecuali .....
a. Obat keras dilarutkan tersendiri
b. Zat yang mudah menguap jika dipanaskan, tidak boleh dipanaskan
c. Zat yang sukar, dilarutkan dengan pemanasan
d. Zat yang mudah terurai, tidak boleh dipanaskan
e. Zat yang mudah larut, dilarutkan dalam botol/erlenmeyer
6. Zat X memiliki kelarutan dalam air 1:20, artinya zat tersebut.....
a. larut
b. Mudah larut
c. Agak sukar larut
d. Sukar larut
e. Sangat mudah larut
7. Di bawah ini pernyataan yang tepat berkaitan dengan eliksir adalah .....
a. Mengandung alkohol sebagai pelarutnya
b. Memiliki rasa dan bau yang menarik
c. Biasanya untuk zat-zat yang tidak larut dalam air
d. a dan b benar
e. Semua pernyataan benar
8. Label “kocok dahulu” tidak boleh digunakan pada.....
a. Emulsi
b. Suspensi
c. Sirup
d. Drop
e. Potio saturasi
9. Pada pembuatan potio netralisasi/saturasi/effervescent zat-zat yang harus ditambahkan pada bagian asam adalah, kecuali .....
a. Ekstrak
b. Tingtur
c. Alkaloid
d. Zat netral
e. Garam kalium/amonium
10. Di bawah ini yang bukan larutan oral adalah .....
a. Potio
b. Eliksir
c. Gargarisma
d. Guttae
e. Sirup
11. Larutan obat yang dibuat dengan mereaksikan asam dan basa, dimana CO2 yang terbentuk ditahan sebagian sampai larutan jenuh, disebut .....
a. Potio nigra
b. Potio netralisasi
c. Potio saturasi
d. Potio effervescent
e. Gargarisma
12. Sirupus simplex terdiri dari ....
13. Yang merupakan contoh sediaan Gargarisma adalah .....
a. Betadin sol
b. Betadin gargle
c. Betadin vaginal
d. Betadin salep
e. Semua salah
14. Douche adalah sediaan yang pemakaiannya melalui .....
a. Mulut
b. Rectum
c. Vagina
d. Suntikan
e. Telinga
15. Obat kompres disebut .....
a. Lavement
b. Enema
c. Epithema
d. Inhalasi
e. Clysma
16. Collunarium artinya .....
a. Obat cuci mata
b. Obat cuci hidung
c. Obat cuci Telinga
d. Obat cuci mulut
e. Obat cuci luka
17. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kelarutan!
18. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan kelarutan!
19. Tuliskan istilah dari kata-kata di bawah ini dan berikan masing-masing contohnya
a. Tetes mata
b. Tetes telinga
c. Tetes Hidung
d. Oles bibir
20. R/ Acid. Citric. q.s
Natrii. Bicarb. 3
Opii Tinct. 2
Aquadest ad 100
m.f. Potio Netral/saturasi/efferv.
S t d d C I
Pro : Susilawati (15 tahun)
Pertanyaan : a. Perhitungan Dosis Maksimum (DM)
b. Perhitungan/penimbangan bahan
c. Prosedur/teknik pembuatan

R/ Termagon tab 120 mg
mf pulv dtd no XII
S t dd pulv I prn
PRO SANTI 6 tahun

Px minta bentuk drop
Ket : kadar 100 mg/ml
Bagaimana etiket bentuk sediaan drop ???


R/Amoksisilin 200 mg
Opii Tinct. 2000 mg
Mf pulv dtd No XII
S. 3 dd pulv I
Pro : Anita 6 th

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PERKIRAAN SOAL-SOAL ADMINISTRASI FARMASI

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1. Secara etimologi Administrasi berasal dari kata Administrare, yaitu dari bahasa …..
a. Belanda b. Inggris c. Latin d. Jerman e. Indonesia

2. Di bawah ini adalah faktor-faktor terjadinya administrasi, kecuali …..
a. Proses b. Tujuan c. Sekelompok orang d. Kerjasama e. Dua orang/lebih

3. Administrasi adalah keseluruhan fungsi yang dilakukan secara sadar oleh setiap orang
dalam suatu kelompok. Merupakan pengertian administrasi dari segi …..
a. Proses b. Fungsional c. Tujuan d. Institusional e. Instansional

4. Manajemen adalah seni untuk melaksanakan pekerjaan melalui orang lain.
Adalah definisi dari …..
a. George R. Terry b. Mery P. Follet c. Henry Fayol d. James Stonner e. Harold Koontz

5. Yang termasuk Administrasi swasta non niaga adalah …..
a. PT b. Perum c. OPEC d. MEE e. Yayasan

6. Administrasi Perusahaan Negara yang modalnya berasal dari negara dan swasta
adalah …..
a. Perjan b. PT c. Perum d. CV e. LSM

7. Inti dari manajemen adalah …..
a. Administrasi b. Organisasi c. Pengambilan keputusan d. Hubungan antar manusia e. Kepemimpinan

8. “The right men on the right place” adalah prinsip manajemen …..
a. Kesatuan arah b. Kesatuan komando c. Kestabilan staf d. Pembagian kerja e. Otoritas/wewenang

9. Kemampuan untuk melakukan pekerjaan dengan benar disebut …..
a. Efisiensi b. Efikasi c. Efektivitas d. Aktivitas e. Vitalitas

10. Fungsi-fungsi manajemen menurut Henry Fayol adalah …..
a. POAC b. POSDC c. POCCC d. POMCE e. POSDCRB



11. Organizing dalam manajemen berarti …..
a. Pengorganisasian b. Organisasi c. Perencanaan d. Penggerakkan e. Pengawasan

12. Perencanaan harus disusun menuju ke arah yang lebih baik. Merupakan syarat
perencanaan yaitu …..
a. Rasional b. Pragmatis c. Faktual d. Dialektis e. Fleksibel

13. Di bawah ini termasuk rencana sekali pakai, kecuali …..
a. Program pemberantasan buta huruf b. Proyek perbaikan jalan di Bantarujeg c. Anggaran kegiatan Isra Mi’raj d. Tata tertib sekolah e. Proyek pemberian makanan sehat di Cicenang

14. Rencana yang kita buat harus mampu bersaing dengan rencana orang lain.
Merupakan prinsip manajemen …..
a. Strategi b. Alternatif c. Fleksibel d. Efisiensi e. Aktivitas utama

15. Bentuk organisasi yang paling sederhana adalah …..
a. Lini b. Staf c. Fungsional d. Komite e. panitia

16. Pelimpahan wewenang dan tanggungjawab harus melalui garis terpendek.
Adalah organisasi yang menganut prinsip …..
a. Kesatuan komando b. Rentang kendali c.Pertanggungjawaban d. Hirarki e. Pembagian kerja

17. Penyatuan dan pengaturan sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai
tujuan disebut …..
a. Organizing b. Organisasi c. Reorganisasi d. Organization e. Deorganisasi

18. “Strategy of force” merupakan cara-cara reorganisasi dengan jalan …..
a. Musyawarah b. Dipaksakan c. damai d. Voting e. Menyuap

19. Leading merupakan salah satu unsur penggerakkan dengan cara memberi …..
a. Motivasi b. Contoh c. Dorongan d. Arahan e. Perintah

20. Menurut Maslow, kebutuhan manusia yang paling atas tingkatannya adalah …..
a. Fisiologi b. Aktualisasi diri c. Keamanan dan keselamatan d. Afiliasi/bersosialisasi e. Penghargaan diri


21. Di bawah ini termasuk jenis motivasi positif, kecuali …..
a. Pujian b. Hadiah c. Kritikan d. Sanjungan e. Medali

22. Yang tidak termasuk unsur-unsur komunikasi adalah …..
a. Hambatan b. Komunikator c. Pesan d. Komunikan e. Saluran

23. Gaya kepemimpinan dengan cara mengajak atau persuasif disebut …..
a. Otoriter b. Delegatif c. Partisipatif d. Diktator e. Kolektif

24. 1. Melakukan tindakan perbaikan/korektif
2. Menilai hasil pekerjaan
3. Menetapkan standar/patokan
4. Membandingkan hasil pekerjaan dengan standar
Rangkaian kegiatan proses pengawasan adalah …..
a. 3-2-4-1 b. 2-4-3-1 c. 1-2-3-4 d. 4-3-2-1 e. 3-2-1-4

25. Di bawah ini termasuk ke dalam lingkup pengertian pengawasan, kecuali …..
a. Memperbaiki kesesuaian b. Menilai hasil kerja c. Memperbaiki kesalahan d. Mencegah terjadinya ketidaksesuaian e. Memperbaiki penyimpangan

B. Essay !
1. Sebutkan unsur-unsur manajemen (6 M) beserta artinya!
2. Jelaskan perbedaan prinsip manajemen ; Kesatuan perintah dan kesatuan arah!
3. Sebutkan langkah-langkah penyusunan suatu Perencanaan!
4. Jelaskan mengenai salah satu bentuk organisasi yang anda ketahui!
5. Jelaskan mengenai hambatan-hambatan dalam berkomunikasi!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Istilah yang sering jumpa pada obat dan farmasi

Istilah yang sering jumpa pada obat dan farmasi

BSO = Bentuk Sediaan Obat
BS = Bentuk Sediaan
Inst. Fa.RS = Instalasi Farmasi Rumah Sakit
SO = Sediaan Obat
P = Pediatrik (Anak-anak)
A = Adult (dewasa)
F = Forte (Fortior = penuh, lebih besar)
G = Geriatric (orang lanjut usia)
Syr = Syrupus
Cap = Capsula
Capl = Caplet (tablet berupa capsul)
Dry syr = Sirup kering
DS = Double strength (kekuatan belipat ganda)
SR = Sustained release (lepas lambat)
Eye drops = Tetes mata
Ear drops = Tetes telinga
Nasal drops = Tetes hidung
Oculenta = Salap mata
Top = Topikal (Kulit)
Unguenta = Zalaft, salap, salep
Epithema = Obat kompres kulit (topikal)
Gargarisma = Collutorium, obat kumur
Antidote = Penawar racun
Antiseptic = Antiseptis, pemusnah hama
Derivate = Turunan, generasi
Granule = Butir, butiran
Retention = Retensi, tambatan, tertahan
Enteral = saluran pencernaan
Pan-enteral = diluar saluran pencernaan.
Per-oral = melalui mulut terus ke aesofagus dan saluran
pencernaan.
Inplantasi = penggunaan obat dibawah kulit (menanam, mendepot)
dengan membedah bagian kecil kulit secara steril

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

MAKAN @ BAKMI GILA











-BENER-BENER GILA-
GILA NARSISNYA , MAKANNYA , HARGANYA PUN SAMA .

私の心は非常に食べる無料に興奮している

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS